Selasa, 23 Maret 2010
Tugas ini dibuat untuk Mata Kuliah Management Strategic
Dosen : Ibu Izzati A
Disusun oleh : Vina Kurniadi;Yussie Farlina;Marlina;Nurhayatun Nufuz;Marianah Padang;
Galih Franco Bayu Aji
Perhotelan: Hotel Salak The Heritage dan Analisis SWOT
Hotel Salak The Heritage terletak di depan Istana Kepresidenan Bogor sebelah Balai Kota, di Jl. Ir. H. Juanda No 8 Bogor, pemilihan yang tepat bagi sebuah hotel karena berada di tempat yang sangat strategis, yaitu di tengah kota.Hotel Salak adalah salah satu aset penting bagi orang-orang di Jawa Barat, khususnya masyarakat Bogor, karena Bogor memiliki tinggi dan nilai sejarah panjang dan terletak di pintu gerbang Jawa Barat (sekitar 30 menit dari Jakarta melalui jalan tol) dan dijaga oleh gedung pemerintah (City Hall, Residensi, Jaksa, Samsat).Pembangunan dan pengoperasian Hotel Salak The Heritage itu terjadi bersama-sama dengan krisis moneter besar-besaran di Indonesia. Ada inflasi AS $ nilai tukar, dari Rp. 2,300 per US $ menjadi Rp. 17,000 per US $ pada akhir 1997 dan awal 1998. Namun, krisis tidak mempengaruhi manajemen hotel untuk terus mengembangkan dan mempertahankan keberadaan Hotel Salak The Heritage.Fasilitas yang disediakan oleh Hotel Salak The Heritage sangatlah banyak, untuk penyediaan kamar, setiap tahunnya hotel ini berusaha untuk menambahnya, data terakhir yaitu tahun 2000 Hotel Salak The Heritage telah mempunyai kamar sebanyak 120 kamar. Fasilitas lainnya yang mendukung diantaranyaRaffles Fitness Center, Kinanti Klub Anak-Anak, dan Kinanti Ruang Musik dengan musik kafe; yang telah dibuka sejak Juni 2000.Dibuka juga Restoran Ayam Goreng Fatmawati, inii dilakukan untuk melestarikan makanan tradisional. Hotel Salak The Heritage memiliki 7jenis kamar, ada layanan wedding organizer, outbond organizer,serta untuk membantu pendidikan perhotelan dan pariwisata Hotel Salak The Heritage membangun Bogor Hotel Institute, ini dibangun sebagai tanda tanggung jawab sosial perusahaan terutama bagi orang bogor. Selain itu, ada training & conference, party organizer.
Dari penjelasan di atas, kita dapat menganilisis Hotel Salak The Heritage menggunakan SWOT, sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancamannya.
a.Strenght (Kekuatan)
-Hotel Salak The Heritage mempunyai tempat yang sangat strategis yaitu berada di
tengah kota bogor dan merupakan hotel berbintang 4.
-Hotel ini merupakan bentuk kerjasama antara Pemerintah Daerah Jawa Barat yang
dalam hal ini bekerja sama dengan PT Anugah Jaya Agung
-Memiliki market share yang cukup besar, kemampuan pengembangan sarana dan
prasarana yang cukup baik.
-Produktivitas dalam hal tingkat hunian yang tinggi.
-Didukung dengan tingkat pendidikan karyawan yang baik, ditambah dengan membuka
suatu program pendidikan tersendiri yaitu Bogor Hotel Institute.
-Kemampuan inovasi dan pembaruan yang baik dan program tanggung jawab sosial yang
baik.
-Manajemen hotel yang dapat mempertahankan keberadaan hotel di saat krisis moneter.
b.Weakness (Kelemahan)
-Memiliki profitabilitas yang rendah,
-Kemampuan pengelolaan dana tunai rendah dan
-Tingkat turn over karyawan yang tinggi.
c.Opportunity (Peluang)
-Perkembangan tekhnologi informasi dan komunikasi
-Pembukaan cabang di daerah-daerah lain.
-Sebagai salah satu sarana dalam penyediaan tempat bagi perhelatan atau kunjungan
berskala nasional maupun internasional.
-Menjalin kerjasama dengan agen tour and travel.
d.Threats (Ancaman)
-Adanya inflasi yang tinggi,
-Penambahan jumlah pesaing,
-Kebijakan otonomi daerah dan gangguan keamanan.
-Persaingan yang cukup signifikan dalam penentuan tarif atau harga.
-Biaya yang cukup tinggi.
Label: MAGIC (Manajemen Strategik)