Kamis, 11 Maret 2010

Pendah.MAGIC (Manajemen Strategik)

Manajemen Strategik


Sebelum mengetahui pengertian dari MANAJEMEN STRATEGI itu sendiri...

ada baiknya bagi kita untuk mengetahui tentang Strategi
Menurut Griffin, strategi merupakan suatu rencana komprehensif (menyeluruh) untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Komponen - komponen Strategi diantaranya:
1. Kompetensi yang berbeda (distinctive competence)
2. Ruang Lingkup (Scope)
3. Distribusi Sumber Daya (Resource Deployment)

Jenis - Jenis Strategi:
1. Strategi pada tingkat perusahaan (Corporate Strategy)
- Ditetapkan oleh tingkat manajemen tertinggi di dalam organisasi dan mengarah
kepada bisnis apa yang akan dilakukan serta bagaimana sumber daya dialokasikan
di antara bisnis tersebut.Strategikorporat secara umum melibatkan tujuan jangka
panjang.
2. Strategi pada tingkat bisnis (Business Strategy)
- Ditetapkan oleh masning - masing unit bisnis strategi (Strategy Business Unit). Biasanya diformulasikan oleh manajer
tingkat bisnis melalui negosiasi dengan manajer korporasi dan memuaskan kepada
bagaimana cara bersaing dalam dunia bisnis yang ada.
3. Strategi pada tingkat Fungsional
- Mempunyai ruang lingkup yang lebih sempit dibandingkan strategi korporasi dan
strategi bisnis. Berhubungan dengan fungsi bisnis seperti fungsi produksi,
pemasaran, SDM, keuangan, riset dan pengembangan (R&D).
Strategi fungsional harus mengarah kepada strategi bisnis dan konsep mereka yang
utama adalah tergantung kepada hasil jawaban bagaimana cara menerapkannya.



Dua strategi pertama jenis- jenis strategi menurut Griffin (2000) sedangkan menurut Stoner, Freeman, dan Gilbert (1995) meliputi ketiga jenis tersebut.

Tujuan Manajemen Strategi, diantaranya:
1.Melaksanakan dan mengevaluasi strategi yang dipilih secara efektif dan efisien.
2.Mengevaluasi kinerja, meninjau dan mengkaji ulang situasi serta melakukan berbagai
penyesuaian dan koreksi jika terdapat penyimpangan di dalam pelaksanaan strategi.
3.Senantiasa memperbarui strategi yang dirumuskan agar sesuai dengan perkembangan
lingkungan eksternal.
4.Senantiasa meninjau kembali kekuatan,kelemahan,peluang dan ancaman bisnis yang ada.
5.Senantiasa melakukan inovasi atas produk agar selalu sesuai dengan selera konsumen.

Manfaat Manajemen Strategi
1.Aktivitas formulasi strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan dalam
menyelesaikan masalah yang dihadapi perusahaan.
2.Proses manajemen strategi akan memberikan hasil keputusan terbaik dikarenakan
interaksi kelompok mengumpulkan berbagai strategi yang lebih besar.
3.Keterlibatan karyawan di dalam formulasi strategi akan dapat memperbaiki pengertian
mereka atas penghargaan produktivitas di dalam setiap perencanaan strategi dan
dengan demikian dapat mempertinggi motivasi kerja mereka.
4.Penerapan manajemen strategi membuat manajemen perusahaan menjadi lebih peka
terhadap ancaman yang datang dari luar perusahaan.
5.Hasil penelitian menunjukkan bahwa organisasi yang menggunakan konsep manajemen
strategi akan lebih profitable (menguntungkan) dan lebih berhasil daripada yang
tidak menerapkannya.

Proses Manajemen Strategi
Secara umum proses manajemen strategi terdiri dari 4 tahap, yaitu:
1. Menetapkan arah dan misi organisasi;
2. Memahami lingkungan internal dan eksternal organisasi;
3. Memformulasikan strategi;
4. Mengimplementasikan strategi;
5. Mengevaluasi dan mengawasi strategi.

Strategi Korporasi (Corporate Strategy).....
dirumuskan oleh manajemen puncak dan dirancang sedemikian rupa guna mencapai tujuan
organisasi. Demikian model strategi yang dipakai adalah portofolio bisnis, sbb:
1. Strategi Portofolio
merupakan tipe strategi tingkat perusahaan yang berhubungan dengan bauran antara
unit- unit bisnis dan lini - lini produk yang sesuai satu sama lain sehingga
memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan.
USB (Unit Bisnis Strategi) merupakan suatu divisi organisasi yang memiliki misi
bisnis, lini produk, pesaing dan pasar berbeda terhadap UBS lain dalam organisasi
yang sama.

2. Matriks BCG
Matrik BCG (Boston Consulting Group)
mengorganisir bisnis - bisnis dalam dua dimensi yaitu pertumbuhan bisnis dan
pangsa pasar (market share).
Tingkat pertumbuhan bisnis berkaitan dengan seberapa cepat industri mengalami
peningkatan. Sedangkan pangsa pasar mendefinisikan apakah sebuah unit bisnis
meiliki pangsa yang lebih kecil atau lebih besar dibandingkan dengan pesaingnya.

0 Comments:

Post a Comment